28/04/2015

Family Trip (Part 1)


Assalaamu'alaikum


Menghadiri pernikahan kerabat di luar kota menjadi moment yang pas buat aku sekeluarga untuk curi-curi waktu liburan. Kali ini, sahabat suamiku akan menikah di Bandung. Sahabat gini banget deeh (sambil nyilangin dua telunjuk). aku dan maish sering jalan-jalan dengan eyangnya maish tanpa suami. suami pun terkadang harus keluar kota sendiri karena urusan pekerjaan. huhu. jadi.. meskipun Bandung dekat dan sudah sangat familiar, perjalanan kali ini amat special karena kita bisa full team bertiga. special trip on special moment :)

2 hari sebelum hari H pernikahan, ibuku sempet operasi kecil dan otomatis diopname. sempet ragu bisa dateng ke Bandung atau enggak. tapi H-1 ibuku udah boleh pulang dan udah jauh membaik, alhamdulillaah. karena masih pengen nemenin ibuku di rumahnya, jadi kami milih berangkat pas di hari  H aja. jam 3 dini hari udah berangkat supaya bisa lihat prosesi akad. alhamdulillaah, sesuai perkiraan, kami dateng tepat waktu.

sepulang acara resepsi, kami sempet mengunjungi teman kami yang baru aja melahirkan di daerah Antapani. maish selalu seneng kalau ketemu dedek bayi. dan bener doong, di sana maish ON banget megang ini itu. temenku sampai geleng-geleng. hihi.

dengan keletihan yang udah menumpuk, kami langsung meluncur ke Hotel GH Universal, Lembang, Bandung. ceritanya dapet voucher setengah harga dari teman. alhamdulillah ya rezeki anak shalihah :*

hotel ini bukan tipe hotel yang luas. agak kaget sebenernya pas ngeliat ukuran kamarnya yang mini dengan harga yang tinggi. di hotel lain, dengan harga yang sama bisa dapet fasilitas yang much better. dan karena saya book pakai voucher, jadi nggak dapat breakfast.





yang aku suka dari hotel ini ya view yang ditawarkan. arsitekturnya dibentuk seperti kastil. jadi berasa lagi nginep di kastil-kastil di Eropa (ooh day dreaming). karena gaya arsitektur itu pun, banyak pasangan yang melakukan foto untuk weddingnya di sini. selan view yang memanjakan mata, lokasi hotel ini juga cukup strategis. keluar sedikit aja dari hotel, udah ketemu Rumah Sosis dan Kampung Gajah. kalau ke atas lagi, nggak jauh untuk sampai ke Punclut.

Tips-tips mengadakan perjalanan jauh dengan anak yang sering aku terapkan:

1. Buat itinerary
itinerary sangat membantu kita dalam efsiensi waktu. dengan membuat itinerary, kita udah punya bayangan mau kemana aja dan otomatis udah cari tau lokasinya. jadi di hari H nggak spend too much time buat cari-cari lokasi lagi.

2. Pastikan perut anak kenyang.
selalu sedia snack dan susu. jangan lewatkan jadwal makannya, cantumkan di itinerary kita. anak akan merasa letih walaupun hanya duduk saja di mobil. untuk itu tetap perhatikan gizi pada makanan anak agar  tubuhnya tetap fit.

3. Ajak anak bercerita
aku selalu suka dengan perjalanan. karena di perjalanan kita sekeluarga bisa terasa lebih dekat. bisa ngobrol sepuasnya tanpa dibebani mau ngerjain hal-hal yang lainnya. selama perjalanan, kita juga bisa menambah bonding dengan anak lewat bercerita. nyeritain mobil, gunung, awan, burung.. semua ciptaan Allah, milik Allah. kita patut bersyukur dan menjaga semuanya dengan baik. jadi makin cinta deh sama Allah :)
  
4. Setel Murottal
kesempatan bagus untuk melekatkan ayat-ayat Qur'an pada anak. kalau di mobil, kedengeran lebih fokus karena anak kita cuma di stu-situ aja kan. secara tidak sengaja otak anak merekam dengan kuat ayat-ayat Qur'an. positifnya lagi, kalau worst case nya kita kecelakaan, kita dalam keadaan sedang mendengar kalam Allah.

5. Much More better than Less
bawa baju yang banyak. apalagi kalau tujuannya ke tempat yang dingin seperti Lembang. jangan lupa juga bawa pakaian tebal. biasanya kalau perut anak kembung, anak jadi males makan. badan pun jadi lemes. bisa bubar deh liburan kita. kalo maish, aku suka pakein sleveless dress plus inner atau outer lengan panjang. ditambahin tight juga. jadi tanpa keliatan tebeel banget kayak pake jaket gitu tapi badannya tetap hangat. what a modest look kan..


6. Dampingi driver
karena di sini ayahnya maish  the one and only yang nyetir, kayaknya nggak tega aah nyebutnya driver, hehe. biasanya kita hanya fokus pada jam tidur orang yang menyetir mobil (agak ribet nyebutnya karena nggak mau nyebut driver :p). tapi eh tapi, orang yang duduk disamping pak kusir itu pun penting diperhatikan. kalo kayak aku yang cuma bertiga, aku pun butuh tidur karena seharian tenaga udah keluar keliling kota, main sama maish, dan lain-lain. maka, tidur aja! selagi anak tidur, yang nyetir masih seger, dan masih belum malam. Nah saat malam, baru kita bangun dan nemenin yang nyetir. walaupun masih jam 7 atau 8 malam, tetep harus ditemenin loh. karena perjalanan yang melelahkan, bisa saja sang gagah penyetir mobil lengah.






No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...