03/04/2015

Berwirausaha, Berani Mandiri

Assalaamu’alaikum


Kali ini saya dan keluarga datang ke event tahunan yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri, yaitu event Wirausaha Muda Mandiri atau yang biasa dikenal dengan sebutan WMM. Dari tahun ke tahun acara ini hampir selalu diadakan di JCC. Jujur aja saya tadinya nggak kepikiran untuk datang ke acara ini, hehehe. Kebetulan suami yang mengajak untuk ke sana, katanya buat nambah motivasi sekaligus ngunjungin stand teman kami.


WMM adalah event rutin yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri sebagai bentuk CSR mereka. Ajang ini memfasilitasi para pemuda Indonesia untuk dapat unjuk gigi dan mempercepat kiprah bisnis mereka. Sesuai namanya, ajang WMM ini memang pesertanya dikhususkan bagi pemuda yang terbagi menjadi 2 kategori besar, yaitu mahasiswa dan non mahasiswa (alumni).Setelah melalui beberapa tahap seleksi di seluruh provinsi di Indonesia, para juara di tiap wilayah kemudian dikumpulkan di Jakarta untuk dapat mengikuti penjurian tingkat nasional. Jadi mereka yang berada di acara ini merupakan hasil seleksi dari seluruh wilayah Indonesia. Dan sejauh ini WMM telah menjadi ajang kompetisi bisnis terbesar di Indonesia.

Salut banget rasanya saat ini banyak anak-anak muda yang mulai mampu membangun bisnis dengan baik, tentunya menjadi motivasi tersendiri bagi saya, apalagi saat ini saya juga mulai merajut mimpi dengan brand fashion anak AMUTHE. Jadi greget banget rasanya bisa berinteraksi dengan mereka yang sudah berhasil setidaknya menjalankan idealisme mereka dalam bidang bisnis.

Saya dan suami sendiri memiliki prinsip bahwa tiap anggota di keluarga kami harus dapat menjadi pribadi yang mandiri, bahkan termasuk saya sebagai seorang istri dan ibu. Khusus tentang wanita, untuk saya sangat penting seorang wanita mampu berdikari, contoh ekstremnya seandainya kita kelak "ditinggal" lebih dulu oleh suami menghadap Allah SWT, maka si istri tersebut tetap mampu memenuhi hak diri dan anak-anaknya dengan baik. Sebetulnya ini merupakan nasihat suami pada saya pada saat awal kami menikah, hiks...jadi terharu, makasih ya ayah atas nasihatnya.


Saya juga terinspirasi dari seorang Ibu Wirianingsih, beliau menyampaikan bahwa wanita selayaknya juga memiliki wawasan yang luas dan cerdas, khususnya wanita di zaman ini. Karena dengan semakin cerdas dan luas wawasan sang istri/ibu, maka ia akan lebih mampu mengelola dan mengasuh anak-anaknya dengan baik.

Upgrade wawasan keilmuan sendiri bagi saya bisa kita dapatkan dengan beberapa jalan, bisa dengan pendidikan formal maupun informal. Dan menempuh jalan sebagai wirausaha saya rasakan sangat membantu saya untuk memperluas wawasan saya, karena mau nggak mau saya musti banyak baca literatur dan berhubungan dengan banyak orang. Dan insyaAllah dengan berwirausaha kita bisa lebih leluasa mengatur waktu kita, walaupun tantangan di awalnya lumayan berat.

Namun setinggi apa rencana kita sebagai wanita untuk upgrade diri, hal yang terpenting adalah kita tidak melangkahi kodrat kita sebagai wanita, yaitu ma'mum dari suami dan ibu dari anak-anak. Semoga cita-cita kecil dalam keluarga kami ini dapat kami jaga dan Allah mudahkan jalannya, aamiin.

Selama di sana seperti biasa maish ga tahan untuk diam, mulailah dia explore tiap sudut dari ruangan acara. Karena konsep acaranya seperti pameran dengan banyak booth, maka saya ga terlalu kuatir waktu maish mulai untuk bergerak ke sana kemari. Dan karena acaranya tidak formal, outfit maish saya pakaikan Basima Skirt (Green) by AMUTHE yang dipadukan dengan atasan kaos.


Sempet deg-degan waktu maish mulai keliling di sekitar area panggung tempat diadakannya talkshow dan live music, tapi alhamdulillaah maish malah mau duduk nonton acara di panggung, hihihi kayak anak gede aja maish.




Harapan saya, semoga acara-acara sejenis seperti WMM ini akan lebih banyak bermunculan, khususnya yang dapat menjangkau pelosok-pelosok daerah yang mungkin belum ter-explore. Dan semoga maish dan adik-adiknya kelak dapat menjadi anak-anak yang tangguh dan mandiri. Tidak harus menjadi seorang pengusaha, namun apapun profesinya mereka tetap memiliki jiwa wirausaha, sehingga mereka dapat menebar manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Aamiin.






7 comments:

  1. Wah, tahun ini saya ga ke JCC.
    seru ya pasti? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang sekali linda, tahun depan semoga sempet yaa. iya dong seruu ngeliat temen2 entrepreneur dikumpulin dalam 1 gedung :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. waahhh keren ..
    dimakassar blm ada nih
    uhuhu..

    ReplyDelete
  4. Selalu kagum dgn entrepreneur muda yg sdh punya bisnis omzet ratusan bahkan milyaran ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mba witha, masa mudanya produktif banget ya. nggak cuma seneng2 aja :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...