03/06/2015

Mendongeng dengan Bintang

Assalaamu’alaikum


Teringat perkataan kak Eka Wardhana di salah satu seminar yang aku hadirii, “untuk dapat berkomunikasi baik dengan seorang anak, masuklah ke dalam dunia nya”. Dan salah satu cara memasuki dunia anak adalah dengan mendongeng.

kita semua pernah melewati masa kanak-kanak. Seperti alasan dibuatnya AMUTHE, sebuah brand kids modesty : “there is always a childhood story in every future”. Maka itu, menurut Kak Eka, kita sebagai orang dewasa tentu akan mengerti bahasa anak-anak, serumit apapun itu. Karena kita semua pernah melewatinya.

Ya, berdongeng lah dengan bahasa anak-anak. Tentunya yang aku maksud di sini bukan bahasa cadel-cadelan yaa. Tapi berdongeng dengan ekspresi, intonasi, dan gesture yang menjiwai. Sehingga dongeng yang kita ceritakan jadi terdengar sangat menarik. Sesaat, jadilah layaknya anak-anak. Rebut hatinya dengan mendongeng. Jadilah bintang dongeng di mata bintang hati kita.





Setelah mencari tau lebih dalam lagi, ternyata mendongeng itu banyakk banget manfaatnya. Dari salah satu sumber yang aku baca, yaitu id.theasianparent.com, ada beberapa manfaat mendongeng..

Memperkuat Bonding antar Orangtua dan Anak
Manfaat yang satu ini emang yang paling jelas ya. Setiap aktifitas kita bersama si kecilpun selalu menambah bonding antara kita dan si kecil.

Sarana Menanamkan Etika dan Nilai-nilai Moral
Melalui tokoh dan kisah yang kita ceritakan, bisa disisipkan pesan moral seperti kejujuran, rela berkorban, kemandirian, rasa empati, kesopanan, juga modesty dalam perilaku. Karena media belajarnya lewat cerita, jadi pesan yang disampaikan juga lebih halus. Nggak yang langsung bilang “kamu jadi anak harus jujur ya”.

Membantu Anak untuk Berimajinasi
Imajinasi penting sekali untuk perkembangan daya pikir anak. Imajinasi akan membantu anak untuk berpikir kreatif ketika berhadapan dengan masalah. Imajinasi juga membuat anak lebih terampil berkomunikasi dengan orang lain. Pada saat mendengarkan dongeng, anak akan terangsang untuk membayangkan situasi seperti yang ia dengar. Selain itu, kata-kata yang kita ucapkan akan menambah pembendaharaan kosa kata yang ia miliki.

Merangsang Minat Baca Anak
Selesai mendengar dongeng yang seru, anak akan tertarik dengan dongeng yang lain. Anak pun mulai menganggap sumber dari si dongeng tersebut, yaitu buku, sesuatu yang amat menyenangkan.

Nah, tahap selanjutnya, kita bisa membuat anak jatuh cinta dengan buku. membuat image kalau buku itu asik. Beruntung ketemu perpustakaan yang cozy dan homey banget. Namanya Rimba Baca. Berlokasi di Jalan RSPP No.21B, Cilandak, Jakarta Selatan. 

Nyamaan banget baca buku lama-lama di sini. Seharian juga betah, hehe. Udah gitu entrance ticketnya murah. Cuma Rp30.000 per anak dan orangtua yang mendampingi nggak perlu bayar. Ada paket member juga, Rp350.000 per tahun per anak, bebas mau baca dan pinjam buku kapan aja. Fasilitasnya pun lengkap, ada ruang baca anak (umur 0-12 tahun), ruang baca dewasa di lantai atas, ruang menyusui, tempat sholat, ruang kreasi, taman air kecil di luar, dan yang penting toiletnya bersih. kayaknya kalau ditambah satu ruang lagi untuk kafe/ kantin bakal lebih seru.






3 comments:

  1. Amuuth, nyaman banget ini Rimba Baca nya... Oiya ttg dongeng, boleh tuh diulas dongeng2 yg bagus buat anak2... Krn tampaknya banyak dongeng yg kurang mendidik seperti princesa2an ala Londo hehehehe

    ReplyDelete
  2. siapp bumil. aku simpen usulnya. next time aku bahas tentang itu yaa, in syaa Allah :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...